:/ tidak terikat kepada sesuatu atau kepada seseorang; bebas

Thursday, February 1, 2018

Ibu Harus Selektif dalam Mencari Informasi Pengasuhan Anak di Internet



Philips AVENT, bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHI) yang merupakan pemimpin dalam produk perawatan ibu dan anak, mengingatkan orangtua akan pentingnya gizi anak selama dua tahun pertama kehidupan anak.


dr. Melanie Yudiana Iskandar mengatakan, “Seringkali, pasien datang kepada saya untuk menanyakan tren parenting tertentu yang mereka lihat di media sosial. Saya hanya dapat mengatakan bahwa jika setiap anak berbeda, tetapi dalam menyiapkan nutrisi atau makanan pendamping ASI, ibu harus selektif tentang informasi yang mereka dapat. Nutrisi yang diberikan saat periode emas, yaitu 1.000 hari pertama kehidupan akan mempengaruhi perkembangan anak di sepanjang hidupnya, dari postur tubuh hingga perkembangan kognitif anak. Inilah mengapa mempersiapkan makanan pendamping ASI yang baik dengan nutrisi yang tepat sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak.”

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) selama periode pertumbuhan penting untuk perkembangan otak anak-anak. Menurut Dr. Melanie, MPASI yang baik adalah yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan lemak dengan kepadatan dan volume yang tepat.

“Banyak ibu yang kemudian salah kaprah bahwa pemberian MPASI setelah usia 6 bulan hanya terdiri dari buah dan sayur saja.  Tidak ada kalori.  Padahal buah adalah penghambat penyerapan zat besi—zat yang sangat dibutuhkan anak pada periode emas untuk mencegah anemia dan pembentukan sinaps-sinaps otak,” jelas dr. Melanie lagi. “Seiring bertambahnya usia bayi, kandungan zat besi pada ASI sang ibu berkurang, ditambah lagi buah dan sayur tanpa karbohidrat, makin lama si anak ini makin kekurangan zat besi. Karenanya harus ada karbohidrat, seperti tepung beras, tepung, kentang, lalu jangan lupa tambahkan protein hewani dan lemak baik pada MPASI.”

Sementara untuk mempersiapkan MPASI, dr. Melanie menyarankan untuk memberikan variasi. MPASI tidak harus selalu dimasak tim, tetapi setelah memasuki usia 7 bulan, bayi bisa diberikan makanan yang ditumis atau digoreng kemudian di-blender lagi sebelum diberikan pada si kecil. Dengan demikian, bayi tidak bosan dan tidak susah makan.

Bagi sebagian orangtua, mempersiapkan MPASI yang tepat dengan nutrisi yang cukup bisa jadi menghadirkan kerumitan tersendiri. “Philips AVENT mencoba menghadirkan solusi untuk membantu orangtua menyiapkan makanan lezat dan bergizi untuk si kecil dengan cara yang praktis dan mudah. Kami ingin memberikan dukungan kepada seluruh orangtua dalam memberikan nutrisi tepat bagi buah hatinya, tidak hanya melalui produk namun juga menyediakan informasi dari ahli, terutama untuk para orangtua baru. Kami sangat menyadari pentingnya masa periode emas demi generasi yang lebih sehat,” ujar Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia.

0 comments:

Post a Comment